Menjaga Kehormatan



kehormatan. sebenarnya, kehormatan itu apa? saya sempet googling arti katanya menurut KBBI, hasilnya:

ke.hor.mat.an
Nomina (kata benda) 
(1) pernyataan hormat; penghargaan: ia mendapat kehormatan untuk memimpin sidang itu; barisan (pengawal) kehormatan, barisan (pengawal) yang khusus sebagai pernyataan hormat (kepada tamu agung, orang besar, dan sebagainya); doktor kehormatan, gelar doktor yang diberikan sebagai tanda pernyataan hormat; doktor honoris causa.


rasa-rasanya saya punya pemikiran sendiri soal arti kata kehormatan. tentu saja, saya tidak meminta kalian untuk setuju soal ini. silahkan kalian mendefinisikan sendiri, silahkan kalian terapkan di hidup kalian sendiri. :D

dulu, saya pernah bertanya, "di mana letak kehormatan manusia?", dan jawaban yang saya dapat, "di seluruh tubuh."

sampai beberapa lama setelah mendapat jawaban itu pun, saya masih berpikir, apa sebenarnya kehormatan itu. seringkali kita mendengar, atau membaca kata 'menjaga kehormatan'. kenapa kehormatan harus dijaga? dijaga dari apa? atau siapa? apakah itu berarti kehormatan bisa rusak atau hancur?

ambillah contoh, seorang perempuan berhijab dan tidak. apakah yang berhijab itu memiliki kehormatan, sedang yang tidak berhijab tidak memiliki kehormatan? pepatah Jawa mengatakan, ajining rogo soko busono. lalu, apakah kehormatan itu hanya terletak pada sesuatu yang kasat mata? seandainya ada seorang Guru yang terlihat santun, berilmu, tapi ternyata dia menjualbelikan soal-soal ujian tanpa sepengetahuan khalayak, apakah ini berarti Si Guru masih memiliki kehormatan? saya sempat menyamakan kehormatan dengan akhlaq atau moral. sudah tentu akhlaq itu berhubungan dengan cara kita bersosialisasi dengan sekitar. jika kita melihat seseorang yang tak berakhlaq, biasanya langsung menyimpulkan orang itu tak memiliki kehormatan. semakin banyak pertanyaan yang muncul di kepala. dan rasa-rasanya, kehormatan juga ada dalam lingkup pribadi atau kelompok. kehormatan Ayah-Ibu, tentu berbeda dengan kehormatan partai, misalnya. apa yang kita lakukan untuk menjaga kehormatan itu pun, tiap orang melakukan dengan caranya sendiri, cara yang menurutnya benar.

jadi, apa bisa disimpulkan definisi kehormatan bagi setiap orang itu berbeda? sepertinya saya harus terus mencari di mana letak kehormatan diri sendiri, dan bagaimana cara menjaganya. karena bagi beberapa orang, kehormatan itu lebih berharga dibandingkan uang.


lantas, di mana kehormatanmu? sudahkah kamu menjaganya?

Comments